Bibit Tanaman

Vista Agro Media menjual berbagai macam Bibit Tanaman untuk skala bisnis dan hobi, baik di bidang perkebunan, Pertanian dan kehutanan. Vista Agro media siap menjadi mitra bagi siapa saja untuk memajukan kesejahteraan petani melalui produk bibit unggul, bermutu dan memiliki nilai tambah yang tinggi.Kami juga menyediakan Bibit Buah yang sangat unggul untuk Petani dalam Berkebun.

Buah manggis memiliki kulit yang keras, tekstur dan bentuknya unik serta rasa buah yang manis alami. Banyak orang menyebut buah ini dengan sebutan “ratunya buah-buahan”.
Manfaat Manggis untuk kesehatan saat ini menjadi populer karena sudah banyak yang merasakan khasiatnya. Mari kita lihat lebih jauh apa saja  Manfaat buah manggis ini.

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Buah Manggis memiliki kandungan senyawa organik yang disebut Xanthone.  Senyawa ini diyakini sama ampuhnya dengan antioksidan yang berfungsi mencegah sekaligus mengendalikan radikal bebas pada tubuh kita. Buah manggis sangat spesial karena hanya satu-satunya buah yang hampir di semua bagiannya mengandung senyawa organik ini.  Xanthone juga memiliki sebutan lain yaitu alpha-mangostin dan gamma mangostin.

Manfaat Manggis ke 1 : Mampu Mencegah dan Mengatasi Kanker

Seorang ilmuwan bernama Kritsanawong telah melakukan penelitian dan berhasil menemukan bahwa alpha-mangostin yang sudah diekstrak dari kulit manggis bisa secara masif menghambat terjadinya kangker pada payudara, biasanya alpha-mangostin dikonsumsi setelah jadi suplemen.
Selain Kritsanawong ilmuwan lain yang menemukan fakta menarik adalah Wang JJ, Ia mengungkapkan bahwa ekstrak etanol dari kulit manggis bisa membantu mengatasi kangker pada kulit.

Manfaat Manggis ke 2 : Membantu menghambat terjadinya  alergi

Seorang ilmuwan bernama Nakatani menemukan fakta bahwa buah manggis mampu menahan terjadinya alergi pada tubuh, pasalnya ekstrak buah manggis bisa menghambat pelepasan zat/senyawa histamin dan sintesis prostaglandin. Kedua senyawa/zat ini diyakini yang membuat tubuh alergi.

Manfaat Manggis ke 3 : Menghambat dan menyembuhkan peradangan

Seorang ilmuwan bernama Chen LG meneliti dan mengungkapkan bahwa alpha-mangostin pada buah manggis mampu menghambat gas nitrit oksida, gas ini diyakini bisa mempurburuk peradangan dalam tubuh kita.

Manfaat buah Manggis ke 4: Memperlambat Berkembangnya Bakteri TBC

Seorang ilmuwan bernama Suksamrarn meneliti dan mengungkapkan bahwa senyawa xantone  buah manggis mampu membantu mencegah serangan bakteri tuberkulosis (TBC). Alpha dan beta mangostin pada buah manggis bisa membantu memperlambat sekaligus membekukan bakteri tuberkulosis  (TBC).
Setelah kita mengetahui banyak manfaat buah manggis ini maka jangan heran kalau buah ini banyak dicari orang, apalagi para pemburu dan penjual obat herbal. Nah mamanfaatkan pesatnya kebutuhan pasar akan buah manggis ini, maka tak ada salahnya jika kita mencoba menanam manggis dihalaman atau dalam pot. Untuk mendapatkan bibitnya manggis silahkan

Budidaya Buah Manggis

Tanaman manggis memiliki karakteristik yang cukup unik, pasalnya pertumbuhan pada tanaman ini tidak akan tumbuh sampai lebih dari 25 meter, rata-rata hanya kurang lebih antara 7-25 meter. Oleh karena itu ada hal-hal yang mesti disiapkan jika kita akan budidaya bibit manggis.

Syarat Tumbuhnya Bibit Manggis

Manggis bisa berkembang baik jika ditanam di wilayah yang datarannya rendah, biasanya ada di ketinggian mencapai 800 mdpl, buah ini pun memerlukan suhu optimal kurang lebih 22°-32° C, untuk curah hujan manggis perlu hingga 1500-2500 mm/tahun dengan kelembaban udara mencapai 80%. Tanah yang baik digunakan untuk menanam manggis adalah berjenis latosol, ber-PH 5-7.

Cara Perbanyakan Manggis

Pada dasarnya tanaman manggis bisa dibibitkan melalui dua cara, yaitu melalui pembibitan melalui biji dan vegetatif.

Metode Pembibitan Biji

Bibit buah manggis bisa diproduksi sekaligus diperbanyak melalui biji, tidak disebut dengan pembibitan generatif, alasannya buah manggis terbentuk melalui metode apoktimis.
Buah manggis memiliki biji viabilitas yang cukup rendah sehingga cepat sekali mengalami kemunduran. Makanya biji manggis mesti cepat dikecambahkan setelah dikeluarkan dari buahnya. Viabilitas biji manggis hanya bertahan 3-5 minggu. Semakin besar biji manggis semakin bagus untuk dikecambahkan.

Pembibitan Menggunakan Metode Vegetatif

Bibit manggis dapat diproduksi dengan campur tangan kita, atau bias adisebut dengan istilah vegetatif. Baik berupa metode cangkok, stek, penempelan, sambung pucuk dan penyusuan. Biasanya yang paling bagus itu jika menggunakan metode sambung pucuk.
Kami memberi saran agar bibit yang dijadikan budidaya adalah bibit yang berkualitas, kami menyediakan berbagai jenis bibit manggis. Keuntungan membeli bibit manggis dari kami adalah produktifitas tinggi dan tahan terhadap penyakit.

Menyiapkan Lahan Penanaman Bibit Manggis

Sebaiknya kita siapkan lahan yang digunakan budidaya manggis bersih dan bebas dari pepohonan, sisa tebangan tanaman, tunggul, semak-semak, rumput dan gulma. Selain itu upayakan penanaman dilakukan tepat sebelum musim hujan.

Penanaman Bibit Manggis di Lahan

Siapkan lubang dengan berukuran 40cm x 40cm x 40cm, simpan dan amankan tanah bekasi galian disekitar lubang. Biarkan saja lubang terbuka selama dua minggu, tanah yang tadi disimpan campur dengan pupuk organik ataupun pupuk kandang agar subur.
Idealnya jarak antar lubang yang akan ditanam 10m x 10m, budidaya tanaman manggis bisa dipadukan dengan tanaman pisang dengan jarak tanam sekitar 2,5x 2,5m. Jadi misalkan kita akan menanam 1 hektar lahan maka kira-kira kita akan mendapatkan 100 pohon manggis dan 1500 pohon pisang.

Pemupukan Pohon Manggis

Memupuk pohon manggis agar lebih lebat dan subur sebaiknya dilakukan setelah tanaman ini berusia 1-2 bulan, seiring bertambahnya usia sekitar 10-11 bulan kita bisa menambah takaran pupuk.  Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk organik dan pupuk kandang, karena pupuk alami bisa menambah rasa manis pada buah manggis.

Pengairan Tanaman Pohon Manggis

Bibit manggis yang baru ditanam ketika musim kemarau usahakan disiram air minimal 1 – 2 kali per-hari, untuk menjaga kelembaban tanah. Jika bibit atau tanaman manggis sudah berusia dua tahun maka penyiraman air bisa dikurangi, kita bisa mengakali pengairan dengan menggunakan metode irigasi tetes ataupun bantu gembor.

Pemangkasan Cabang Pohon Manggis dan Pengendalian Hama

Rajin-rajinlah memeriksa dan memangkas ranting atau daun pohon manggis yang terserang hama, umumnya hama yang menyerang pohon manggis adalah kutu api, ulat daun, dan penyakit Cendawan. Kita bisa menggunakan pestisida organik dengan dosis yang tepat tentunya.
Manggis biasanya dipanen setelah berusia 5-10 tahun, bunganya akan mekar warnanya ungu kemerah mudaan, setelah panen manggis kita bisa memangkas tunas-tunas yang bertebaran sekitar pohon manggis https://vistaagromedia.com/

Komentar